ASUS NovaGo: Always Connected

Your laptop is now a smartphone


Rasanya tidak mengejutkan jika ASUS adalah salah satu produsen laptop pertama yang menghadirkan laptop berbasis Snapdragon 835 dan OS Windows 10. Sejak lama, ASUS memang terkenal suka menghadirkan teknologi baru, bahkan gemar bereksperimen.


ASUS hadir dengan suguhan Windows + Snapdragon 835 yang cenderung lebih terjangkau. Akan tetapi, laptop 2-in-1 convertible ASUS NovaGo ini tetap berpenampilan elegan. Berikut adalah spesifikasi dasar ASUS NovaGO.


Layar: 13.3”, touch screen, FullHD
RAM: 4GB/6GB/8GB
Storage: 64GB/128GB/256GB UFS
Konektivitas: WiFi, Bluetooth, Gigabit LTE
Ketebalan: 149mm
Bobot: 1.39 Kg
Port:
  • 2 x USB 3.1 Gen 1 Type-A
  • 1 x Audio jack: headphone / mic-in
  • 1 x Combo Nano SIM (tray with needle)
  • 1 x MicroSD card reader slot (supports up to 256GB)
  • 1 x HDMI

 



 



Always Connected PC Pertama dengan Gigabit LTE


Salah satu keunikan dari ASUS NovaGo TP370QL adalah modem yang digunakannya berupa modem Gigabit LTE. Ya, ini adalah salah satu modem tercanggih Qualcomm. Meski demikian, kita di Indonesia belum bisa menikmatinya saat ini.


Mencoba NovaGo


Ya, laptop ini terlihat besar jika dibandingkan dengan HP ENVY X2. Tapi perhatikan apa yang ditawarkan dalam laptop ini. Masih tersedia 2 port USB 3.1, HDMI port, dan tentu saja slot MicroSD dan SIM card. Laptop ini tampak dirancang sebagai “kuda beban” sehari-hari. Layar 13.3” dengan resolusi FullHD dirasakan mencukupi untuk pekerjaan sehari-hari dan kebutuhan multimedia.

Saat mencoba Asus NovaGo kami merasa seperti memegang sebuah laptop 13” standar. Bobotnya sedikit lebih berat dari harapan, ukurannya pun terasa agak besar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sebuah Always Connected PC membuat kita tidak perlu membawa charger. Berarti, beban di dalam tas sehari-hari akan lebih ringan. Sementara, ukuran yang agak besar dikompensasi dengan kenyamanan bekerja menggunakan layar yang cukup besar pula.



Kami merasa bahwa ASUS NovaGo cukup sigap dalam penggunaan singkat. Penggunaan stylus pun dirasakan lancar. Sayangnya, kami belum mencoba aplikasi x86 dari luar Windows Store karena OS standar yang disediakan adalah Windows 10S. Akan tetapi, tersedia opsi upgrade ke Windows 10 Pro yang akan mengijinkan penggunan software dari luar Windows Store.

NovaGo: Always Connected PC Paling Murah


Dengan harga konfigurasi termurah USD 599, ASUS NovaGo tampil menarik. Tidak ada harddisk yang menghambat performa dan tersedianya modem terintegrasi membuat harganya terasa layak. Sementara itu, daya tahan baterainya yang dijanjikan mencapai 22 jam membuatnya kian menarik.


Pada akhirnya, kami kembali pada pertanyaan: Apakah laptop ini akan masuk ke Indonesia? Jika melihat dari kemampuan yang dijanjikan dan harganya, seharusnya laptop ini layak datang ke Indonesia untuk menemani para road warrior. Akan tetapi, keputusan tentunya akan bergantung pada ASUS Indonesia. Mari kita nantikan, apakah Asus NovaGo akan hadir ke Indonesia atau tidak, ya.

Catatan: Di debut awalnya, ASUS NovaGo dipastikan akan hadir di Amerika Serikat, China, Italia, Inggris, Perancis, Jerman, dan Taiwan.