Review ASUS ZenFone 4 Max Pro Fitur, Performa & Kekuatan Baterai


Fitur dan Performa


Review ASUS ZenFone 4 Max Pro: Paduan Fotografi dan Kekuatan Baterai

Selain fitur dual camera dan baterai di sisi hardware, ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL ini juga memiliki beragam fitur di sisi aplikasi. Bahkan, dengan fitur berbasis aplikasi ini, performa smartphone bisa lebih ditingkatkan dari keadaan standar.
Namun, Mobitekno akan bercerita terlebih dahulu untuk kemampuan dual camera karena ZenFone 4 membawa pesan baru dalam promosinya, yaitu We Love Photo. Kamera belakangnya yang memadukan kemampuan 16 MP PixelMaster dan 5 MP Wide Angle, mampu menangkap foto dengan area lebih luas hingga 120 derajat. Penggunaan opsi wide bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu hanya menekan tombol wide yang ada di atas tombol shutter. Dari sisi aplikasinya, kamera 16 MP PixelMaster memilikiberbagai efek untuk melakukan proses foto. Mulai dari Auto, Pro, Beauty, Super Resolution, panorama, hingga pembuatan Time Lapse bisa dililih untuk pembuatan video dan gambar yang lebih menarik. Bahkan, mode Auto nya pun kini sudah dilengkapi fitur HDR Pro yang memungkinkan kamera menangkap subjek foto dengan terang,  walaupun di kondisi kurang cahaya.
Untuk kamera depannya, ASUS juga meningkatkan kualitas kameranya dari model ZenFone Maxsebelumnya, dari 8 MP menjadi 16 MP. Kemampuan ini masih ditambah dengan lampu LED flash untuk menambah tingkat cahaya di suasana temaram. Khusus untuk kamera depan, ditambah dengan fitur beauty yang dapat memperhalus tampilan kulit dan wajah. Pilihan untuk menghaluskan kulit disediakan dari level 1 hingga 10. Masih untuk kamera depan, di ZenFone 4 Max Pro ini, ASUS juga menambahkan fitur yang sebelumnya ada di ZenFone Live, yaitu BeautyLive.  Dengan fitur ini, proses penghalusan kulit juga bis diterapkan untuk pengambilan video. Namun, fitur ini hanya aktif jika dibarengi dengan pengoperasian media sosial, seperti Instagram.


Masih mengenai kamera, ASUS juga membekali dengan fitur Pro untuk pengguna yang lebih advance. Di fitur Pro ini, semua kontrol kamera bisa di setting secara manual, mengikuti kemauan dari pengguna.


Satu hal yang menarik dari fitur kamera ini adalah adanya efek Time lapse. Ya,fitur ini kini tersedia di ZenFone 4 Max Pro. Anda bisa memanfaatkannya untuk merekam kejadian dengan menggabungkan frame-frame foto dalam beberapa sekali.

Fitur selanjutnya adalah baterai dan manajemennya. Kapasitas baterai yang besar, yaitu 5.000 mAh ternyata mampu membawa berbagai fitur lainnya. Salah satunya adalah aplikasi manajemen baterai untuk penggunaan baterai yang lebih awet. Melalui aplikasi Mobile Manager, Anda bisa mengatur konsumsi baterai dalam lima pilihan mode, yaitu Performance, Normal, Power Saving, Super Saving, dan Customized. Pilihan-pilihan ini sangat bergantung kepada keperluan Anda terhadap aktivitas smartphoneyang diinginkan. Keadaan paling hemat daya baterai tentu ada di pilihan Super Saving karena seluruh fungsi jaringan ditutup. Hanya SMS, telpon, dan alarm yang dihidupkan oleh aplikasi tersebut. Sementara pilihan Performance bisa mendongkrak kinerja smartphone karena sistem akan mengatur prosesor bekerja pada performa paling tinggi.


Oya, jika Anda tidak ingin repot menentukan pilihan mode baterai, Anda bisa memanfaatkan fitur Switch secara otomatis. Dengan pilihan ini, Anda bisa mengatur perpindahan mode baterai ke pilihan yang lebih hemat, saat kondisi baterai menyentuh angka persentase yang diinginkan, misal 10% atau 15%. Perpindahan ini juga bisa dilakukan dengan jadwal yang ditentukan terlebih dahulu.

Nah, karena kapasitas baterai yang besar, ZenFone 4 Max Pro juga bisa berbaik hari kepada perangkat lainnya yang membutuhkan daya tambahan. Melalui kabel USB OTG, Anda bisa menjadikan ASUS ZenFone4 Max Pro sebagai Power Bank. Colokkan kabel USB OTG dengan ujung micro USB ke ZenFone 4 Max pro dan satunya lagi ke perangkat lain yang ingin diisi daya baterainya. Namun, proses pengisian daya ini bisa dilakukan jika kapasitas baterai di ZenFone 4 Max Pro masih di atas 30%.

Review ASUS ZenFone 4 Max Pro: Paduan Fotografi dan Kekuatan Baterai

Kemampuan lain dari proses charging ke perangkat lain ini adalah Reverse Charging yang leboh cepat. Mangapa? Karena pada ZenFone 4 Max pro ini sudah mendukung pengisian dengan arus 1 Ampere. Sebelumnya, pada varian ZenFone 3, arus hanya tersedia 500 mA.

Fitur pemindai sidik jarinya bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari pembukaan smartphone hingga sebagai akses untuk mengaktifkan aplikasi-aplikasi mobile bisa dilakukan dengan hanya memindai sidik jari. Proses setting sidik jari pun cukup cepat. Scannernya bisa membaca sidik jari dari segala arah.

Performa
Untuk membuktikan kemampuan dan kinerja ASUS ZenFone 4 Max Pro ini, Mobitekno melakukan pengujian melalui aplikasi Antutu, PC Mark, 3DMArks, dan GeekBench 4.0. Berikut ini hasil pengukurannya:


Hasil foto
Mobitekno juga menguji kemampuan kamera dari ZenFOne 4 Max Pro ini, dan inilah hasilnya.



Spesifikasi


Dengan kemampuan yang sudah diceritakan pada bagian sebelumnya, tentunya hal ini tidak akan terjadi jika ASUS ZenFone 4 Max Pro tidak dibekali dengan spesifikasi hardware yang mumpuni. Penggunaan CPUSnapdragon 430, RAM 3 GB, storage 32 GB yang masih bisa diperluas lagi, serta jaringan 4G membuat aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan lancar dan nyaman.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi dari ZenFone 4 MaxPro
Model
ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 430 64-bit octa-core processor (1,4GHz)
GPU
Adreno 505 450MHz
RAM
3GB RAM
Penyimpanan
32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
MicroSD
Yes (up to 256GB)
Konektivitas
WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct
Jaringan
WW version: FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20), TD-LTE (Band 40)
Data rate: LTE Cat4: UL/DL 50Mbps/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76Mbps/42Mbps
SIM Card
Triple Slots:
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Dual SIM dual standby
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. Only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time
Navigasi
GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display
5.5-inch IPS display, Bluelight filter for eye care, 10-finger capacitive touch
Video
Full HD at 30fps video recording, Electronic Image Stabilization for shake-free videos, Take still photo while recording video, 120Ëš wide angle video
Baterai
5000mAh (non-removable), 2x faster reverse charging (1A)
Up to 46 days 4G standby
Up to 40 hours 3G talk time
Up to 22 hours video playback
Up to 26 hours Wi-Fi web browsing
Kamera Belakang
16 megapixels, F2.0 aperture, Focal length 26mm, 79° field of view, Electronic Image Stabilization for shake-free videos, LED flash, Up to 0.03 seconds phase detection auto-focus
5 megapixels, 120Ëš wide angle fits more scenery and people in the frame
Focal length 12mm
Kamera Depan
16 megapixels, F2.0 aperture, Focal length 26mm, 76° field of view, Softlight LED flash
Sensor
Fingerprint, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
OS
Android™ 7 with new ASUS ZenUI 4.0
Dimensi
154mm x 76.9mm x 8.9mm
Bobot
181g
Warna
Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink
Harga
Rp2.999.000

Kesimpulan


Walaupun ASUS ZenFone 4 Max Pro bukan kelas tertinggi dari jajaran ZenFone 4, tetapi kemampuannya bisa memuaskan kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia. Kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Banyaknya aktivitas media sosial ditambah dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang Anda butuhkan setiap hari tentunya bisa menguras baterai dengan cepat. Melalui ZenFone 4 Max Pro, kekhawatiran mengenai hal tersebut ridak akan terjadi.
Selain baterai, sesuai dengan tema yang dibawa ZenFone 4 yaitu We Love Photo, kemampuan dual camera belakang juga layak diperhitungkan. Sudut pengambilan gambar yang luas, mencapai 120 derajat, hingga kemampuan selfie yang lebih bersahabat menjadi salah satu daya tarik dari sisi kamera. Keberadaan dua buah lensa di bagian belakang juga bisa mendorong penggunanay lebih berkreasi dalam menangkap momen-momen penting atau tak terduga di sekitar Anda.
Dengan harga Rp 2.999.000, tampaknya ZenFone 4 Max Pro bisa menjadi pilihan smartphone bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang tidak ingin direpotkan dengan masalah pengisian baterai. Anda tidak perlu membawa-bawa Power Bank lagi jika menggunakan ZenFone 4 Max pro ini.