ASUS ZenFone Live L1 ZA550KL The Real FullView for Everyone

ASUS ZenFone Live L1 ZA550KL The Real FullView for Everyone



Kali ini, saya akan mengulas smartphone Android dari ASUS yang cocok banget untuk kamu yang suka eksis di media sosial (medsos), mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan sejenisnya. Sebab, ponsel pintar yang merupakan generasi terbaru dari seri ZenFone Live ini hadir dengan kelebihan yang mendukung kamu untuk terus eksis yaitu, ASUS ZenFone Live L1 (ZA550KL).





Performa ASUS ZenFone Live L1 ZA550KL

Untuk prosesor, Zenfone Live L1 menggunakan  prosesor quad core Qualcomm Snapdragon  425 berkecepatan 1,4GHz dengan grafis dari Adreno 308 dan didukung oleh memori RAM sebesar  2GB/3GB, internal storage 16GB/32GB yang bisa ditingkatkan dengan Micro-SD. smartphone berdaya baterai 3.000 mAh ini juga sudah Dual-SIM (nano) yang mendukung jaringan 4G LTE. Bukan Dual-SIM hybrid sehingga kamu tidak perlu mengorbankan slot SIM kedua untuk memasang Micro-SD.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 8 atau Oreo dengan ASUS ZenUI 5. 

Berikut ini hasil pengujian benchmark pada ponsel ini.
Berselancar di dunia maya dengan membuka banyak tab bisa dikerjakan dengan aman. Yang megejutkan adalah, bermain game dengan preset high resolution masih dapat dilakukan dengan baik dan cukup lancar.
ZenFone Live L1 menggunakan ukuran baterai sebesar 3000 mAh. Kapasitas ini mendapatkan peningkatan cukup jauh dibandingkan generasi Live sebelumnya yang hanya memiliki ukuran baterai sebesar 2.650mAh.
Dengan kapasitas daya sebesar itu, smartphone tersebut mampu aktif dalam mode 3G selama 29 jam untuk talktime. Sementara dalam mode standby perangkat ini mampu bertahan hingga 42 hari lamanya. Perangkat ini juga mampu bertahan selama 4 hari untuk memutar musik dan 18 jam non stop untuk terhubung dengan koneksi WiFi.

Desain ASUS ZenFone Live L1 ZA550KL

Selanjutnya, layar sentuh Zenfone Live L1  ini punya ukuran sebesar 5,5 inci dengan kepadatan piksel sebesar 320 dpi. Beresolusi HD+ (720x1440 piksel) yang tentu saja sudah FullView Display dengan rasio 18:9.



Dengan berbagai varian warna yang memikat,perangkat ini sangat cocok untuk segementasi yang ditujunya. Smartphone ini punya bodi yang tipis. Selain itu, bobotnya juga ringan hanya 120 gram. Mengenai kenyamanan, dengan dimensi panjang 147,3 mm, lebar 71,8 mm dan ketebalan 8,2 mm, ponsel ini nyaman digenggam. Khususnya untuk pengguna yang memiliki tangan dan jari-jari yang mungil, seperti wanita. Dengan dimensi yang kompak, ZenFone Live L1 juga lebih nyaman jika disimpan di kantong baju atau celana karena kemungkinan jatuh karena selip lebih kecil.



Dari sisi tata letak, ASUS menempatkan tombol power berada di sebelah kanan bersamaan dengan tombol volume. Sementara audio jack terletak di bagian atas perangkat. Di sisi kiri ada akses ke SIM tray. Di dalamnya  bisa memasukan dua buah kartu SIM atau memilih salah satunya dan menambahkan micro USB (hybrid) sebagai opsi ekspansi ruang penyimpanan data yang dapat menampung hingga kapasitas 2TB.



ASUS mengemas ZenFone Live L1 dengan bentuk punggung yang agak melengkung sehingga lebih compact ketika digenggam oleh tangan. Lengkungan ini pun membuat pengguna tidak akan merasa sakit ketika menggenggam dengan kuat perangkat.

SUARA

kinerja smartphone ini lumayan oke juga, khususnya loudspeaker yang mampu menghasilkan suara yang jernih ketika digunakan untuk nonton video. Ada  beberapa teknologi utama pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.




KAMERA ASUS ZenFone Live L1 ZA550KL

Untuk eksis di medsos, apalagi di Instagram, kamera merupakan salah satu faktor yang penting. ZeFone Live L1 dilengkapi dengan kamera utama berkekuatan 13 MP dengan sensor BSI CMOS didukung PDAF (Phase Detection Autofocus) lengkap dengan hadirnya LED flash untuk menentukan titik focus dengan cepat. Memiliki aperture f/2.0 dengan lensa five-prism, kamera di Zenfone Live L1 sangat bisa diandalkan.  



Sedangkan kamera depannya sudah berkapasitas 5MP dengan ukuran pixel 1.4 micron yang mampu meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya hingga 200 persen. cocok untuk selfie dan wefie. Depan maupun belakang, kameranya sudah dilengkapi LED Flash. Hasil kamera utamanya ternyata cukup memuaskan, Kamera depannya juga oke.




Dari sisi modus pemotretan, Zenfone Live L1 menyediakan banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Auto, HDR Pro, Beautification, Potrait Mode, Panorama dan Time Lapse. Adapun untuk kamera depan, moduse pemotretan yang tersedia adalah Beautification, dan Potrait Mode.
Panorama Mode
Modus ini merupakan mode yang paling sempurna untuk memotret pemandangan. Panorama memungkinkan pengguna menggeser kamera dari satu sisi sudut pandang sampai ke sisi lain. Di saat yang sama, kamera akan mengambil gambar dalam beberapa frame dan menjahitnya menjadi satu untuk menghasilkan foto panorama yang berukuran lebar.
Yang menarik, saat pengguna akan mengambil foto panorama, ia tak hanya bisa digunakan untuk mengambil frame ke kiri dan kanan. Pengguna juga bisa mengarahkan kamera ke atas atau ke bawah untuk mendapatkan foto panorama dengan angle yang vertikal.
HDR Pro
Pada mode ini, Zenfone Livesecara cepat mengambil beberapa foto dari sebuah skenario. Ia kemudian akan menganalisa setiap pixel dan secara otomatis mampu memperterang daerah yang gelap, dan meredupkan area lain dari foto yang terlalu silau hingga 400 persen, demi menghasilkan gambar yang direproduksi dengan baik.
Saat mencoba fitur HDR di Zenfone Max, kami berhasil mendapatkan detail obyek di bayangan matahari yang tepat mengarah ke kamera. Berikut ini perbandingan antara foto dengan fitur HDR aktif dan tidak.
Beautification
Fitur ini sangat menarik karena tren memptret foto selfie sedang digandrungi oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia, termasuk juga pengguna di Indonesia.
Mode Beautification tersebut akan meningkatkan hasil foto wajah secara langsung dengan berbagai efek make-up termasuk pelembut dan pencerah warna kulit, blush dan koreksi warna, memodifikasi bentuk mata, sampai meniruskan bentuk pipi.
Time Lapse 
Fitur lain yang sangat impresif dari kontrol manual ZenFone 5Q adalah kemampuan untuk mengambil video time-lapse berdurasi panjang. Dalam modus ini, smartphone akan secara otomatis mengambil frame pada interval yang sudah ditentukan, yang kemudian dikompilasikan ke dalam video stop-motion.
Apa yang membuat ZenFone Live L1 menarik adalah kemampuannya untuk menghemat daya lewat modus “power saving” saat sedang mengambil video time lapse. Seperti diketahui, merekam video time-lapse bisa mengonsumsi banyak energy baterai yang tersedia.
Pada mode ini, ASUS akan menurunkan tingkat kecerahan layar dan menempatkan smartphone pada airplane mode di mana jaringan radio dimatikan karena secara teoritis, saat merekam video time lapse, pengguna tidak akan mengangkat panggilan telepon ataupun menjawab SMS dan messenger lainnya.

Face Unlock



Menjadi fitur yang sulit ditemukan pada hp berharga murah yang ada dipasaran saat ini, termasuk Xiaomi Redmi 5A. Face unlock ini akan menjadi fitur istimewa di Asus Zenfone Live L1. Sehingga akan menambah aman perangkat.

Harga Asus Zenfone Live L1

Tatjana Saphira, brand ambassador Asus sedang berpose memegang Zenfone Live L1
Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah mengenai harga. Zenfone Live L1 memiliki dua varian dengan harga yang tentu saja berbeda. Untuk harga reguler, varian dengan kapasitas RAM 2GB dan memori internal 16GB dibanderol dengan harga Rp 1.399.000. Sedangkan versi yang agak tinggi yaitu varian dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB dipasarkan dengan harga Rp 1.699.000.


Spesifikasi ASUS ZenFone Live L1 ZA550KL



x