Cara Menghemat Baterai ASUS Zenfone

Cara Menghemat Baterai ASUS Zenfone Tanpa Aplikasi Tambahan


Tips Menghemat Baterai ASUS Zenfone

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke andasemua mengenai CaraMenghemat Baterai ASUS Zenfone Supaya Irit Dan Tidak Cepat Habis. Sedikit Informasi bahwa untuk varian Asus Zenfone 4kabarnya, baterai mampu bertahan hingga 4 – 6 Jam, sementara untuk ASUS Zenfone5 mampu bertahan hingga 12 – 20 Jam dengan pemakaian normal. Dan untukmengakalinya, anda beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat dayabaterai ASUS Zenfone. Penasaran? Simak Tips Hemat Daya Baterai ASUS Zenfone berikut ini.

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Untuk yang pertama, anda bisa mengurangi tingkatkecerahan pada layar ASUS. Atau anda bisa mengaturnya pada posisi Dark (Gelap).Sedikit Informasi, bahwa tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat membuatbaterai Smartphone cepat habis, apalagi jika anda mengaturnya padaposisi paling akhir atau Light. Dan untuk melakukan mengakalinya, anda bisaatur pada posisi Automatic Brightness dan Dark, simak langkah – langkahnyaberikut ini.


·        Masuk pada menu Setelan » Tampilan » Tingkat Kecerahan. Kemudian hilangkan centang pada“Kecerahan Otomatis”. Dan Atur Tingkat Kecerahan pada posisi “Dark”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengansistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone bedasistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Gunakan Wallpaper Warna Gelap/ Hitam

Dan untuk yang kedua, anda bisa gunakan Wallpaper dengantingkatan warna yang rendah atau lebih mudahnya, anda bisa gunakan wallpaperwarna gelap. Dengan memasang Wallpaper Warna Gelap, maka smartphone tidak akanbekerja terlalu keras dalam memberikan warna maksimal pada layar depan ataulayar utama.
Jangan khawatir, banyak sekali wallpaper gelap namuntetap keren, anda bisa mencari wallpaper bertema antariksa atau antar galaxyyang gambarnya banyak bintang – bintangnya. Anda tetap bisa irit baterai danjuga tampilan layar tetap keren.

3. Manfaatkan Fitur Ultra-Saving Mode

Dan untuk yang ketiga, anda bisa memanfaatkan FiturUltra-Saving Mode. Perlu anda ketahui bahwa fitur Ultra-Saving Mode dalammembuat baterai ASUS Zenfone lebih irit hingga 50% dari biasanya. Dan untukmengaktifkan fitur Ultra-Saving Mode pada ASUS Zenfone, anda bisa simak langkah– langkahnya berikut ini.


·        Masuk pada menu Setelan » Power Management » Power Saver. Kemudian pilih “Mode Baterai”.

4. Matikan Auto-Sync

Fitur Singkronisasi merupakan sebuah fitur yang biasanya menghubungkanantara akun sosial media dengan smartphone. Ini Artinya, semua data yang adapada sosial media atau messenger seperti BBM, LINE,WhatsApp, Google, dan lainnya di singkronkan dengan perangkat android.Sebenarnya fitur ini tidak di aktifkan juga tidak masalah, karena selain borosbaterai, fitur ini juga sangat boros kuota. Dan untuk menonaktifkan fiturAuto-Sync pada ASUS Zenfone, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikutini.

·        Buka Menu Setelan » Akun. Kemudian hilangkan centang pada “Sinkronisasi Data Otomatis”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengansistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone bedasistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Matikan Fitur Location/ GPS Saat Tidak Dipakai

Jika anda tidak sedang dalam perjalanan jauh, maka andasebenarnya tidak perlu meng-aktifkan fitur Location/ GPS. Fitur tersebutterbilang cukup boros baterai dan data jika anda aktifkan terus menerus. Danuntuk menoaktifkan fitur Location, anda bisa simak langkah – langkahnya berikutini.

·        Scrool pada Notifikasi atas kemudian matikanfitur “Location”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengansistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone bedasistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

6. Kurangi Penggunaan Data Internet

Dan untuk yang ke enam, anda bisa mengurangi penggunaandata Internet. Dengan membatasi penggunaan Internet harian, anda bisamendapatkan dua keuntungan, bisa hemat data dan hemat daya. Lebihnya lagi, jikaanda suka bermain game online, maka sebaiknya mulai sekarang anda kurangi keseruananda bermain game online. Gunakan waktu anda untuk hal – hal yang lebihbermanfaat dan lebih berguna.

7. Gunakan Fitur Boost

Dan untuk yang ke tujuh, anda bisa bisa manfaatkan fiturBOOST RAM. Fitur Boost ini mampu membersihkan memori RAM yang banyak terpakai.Selain itu, fitur BOOST ini akan memaksimalkan kinerja RAM, membersihkan TaskManager, dan juga menutup aplikasi yang berjalan di background. Ada duakeuntungan dari fitur Boost, yakni hemat RAM dan hemat baterai.
Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkatASUS seperti pada ASUS Zenfone 2, Zenfone 3, Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone 6, ZenfoneC, Zenfone 2 Deluxe, Zenfone 2 Laser, Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Max, ZenfoneMax, Zenfone Selfie, Zenfone Go, dan masih banyak lagi. Apabila ada sedikitperbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Baterai HP ASUS Zenfone TanpaAplikasi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terimakasih dan selamat mencoba!!