Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi Google Playstore

Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi Google Playstore


Untuk teman-teman pengguna smartphone Android pasti sering kali mendapatkan pemberitahuan tentang adanya aplikasi yang harus di perbarui atau update melalui Google Playstore, ini karena developer/pembuat aplikasi tersebut ingin memperbaiki kesalahan atau memperbarui fitur yang ada pada aplikasi yang kita gunakan. Tapi, pernah kah teman-teman mengalami kesulitan, yaitu muncul notifikasi “Tidak dapat diperbarui”.

Beikut ini adalah penyebab aplikasi android tidak bisa di update melalui google playstore : 


  • Jaringan internet yang tidak stabil atau lambat.
  • Menggunakan akses data secara bersamaan, misalnya sedang download lalu dibarengi dengan update aplikasi.
  • Memori internal atau penyimpanan aplikasi telah penuh.


Tutorial Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi Google Playstore


  • Pertama coba untuk me-Restart ponsel, Cara ini digunakan untuk merefresh sistem secara keseluruhan agar dapat berjalan dengan normal kembali. Saat smartphone sudah menyala kembali, jangan lupa cek koneksi internet anda.



  • Cobalah menggunakan jaringan internet yang lebih cepat, misalnya gunakan jaringan wifi atau kartu internet yang memiliki akses internet yang cepat.



  • Hindari penggunakan data internet secara bersama-sama, misalnya jika ingin update aplikasi melalui google playstore pastikan tidak ada aplikasi lain yang sedang berjalan. coba periksa My apps & games di opsi playstore apakah ada aplikasi yang diupdate secara otomatis.



  • Pastikan memori internal atau penyimpanan aplikasi masih tersedia ruang yang cukup.  Minimal sisa memory internal 500MB, jika penuh maka teman-teman harus menghapus beberapa aplikasi yang telah terinstall.



  • Jika masih tidak bisa, coba masuk ke pengaturan >> Aplikasi >> cari Google Play Service >> lalu lakukan Clear Data dan Cache. Kemudian masuk kembali ke Google Playstore.



  • Solusi terakhir adalah dengan cara melakukan factory reset pada smartphone, cara ini agar semua data pada smartphone menjadi seperti baru lagi.



NOTE : Untuk update aplikasi sebenarnya tidak harus melalui aplikasi google playstore, teman-teman bisa juga mencari file apk terbaru di internet, kemudian menginstall/replace aplikasi lama yang ada pada smartphone android.

Semoga tutorial diatas dapat Mengatasi masalah Tidak Bisa Update Aplikasi di Google Playstore.

semoga bermanfaat untuk teman-teman. 
Terimakasih.