Membuat Fungsi TERBILANG Otomatis Pada Microsoft Excel

Menggunakan Add-Ins Rumus Terbilang Excel


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat fungsi terbilang otomatis dalam microsoft excel. Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan nya. 


Pada dasarnya Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Yang menarik dari Microsoft Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Kegunaan atau fungsi microsoft excel adalah bermacam-macam, mulai dari yang paling sederhana seperti membuat tabel, mengolah data, menghitung data, membuat diagram, membuat grafik dan lain sebagainya. Sering kali kita bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel, Kita Menemui data berupa angka semisal nominal harga Rp 120.000 harus di rubah menjadi Seratus Dua Puluh Ribu Rupiah.


Umumnya hal ini di gunakan untuk membuat kwitansi di excel, seperti laporan keuangan dan pembukuan untuk perusahaan atau instansi. Memang dapat kita rubah dengan cara manual tapi jika jumlahnya banyak itu memakan waktu yang lama. untuk memudahkan kita dapat merubah dengan cara otomatis yaitu dengan menggunakan Rumus fungsi =terbilang , namun untuk menggunakan fungsi ini kita memerlukan beberapa cara pada microsoft excel. Bagaimanakah caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Memasang Add-Ins Rumus Terbilang Excel

Sebelumnya Download Addin Rumus Terbilang Excel untuk konversi/merubah angka ke kata/huruf dalam bahasa Indonesia dan Inggris pada Microsoft Excel 2007, 2010, 2013 dan excel 2016.

DOWNLOAD Add-In Terbilang Excel :
FORMAT "XLA" : [ ZIPPYSHARE[ GDRIVE ]

FORMAT "XLAM" : ZIPPYSHARE ] [ GDRIVE ]


Pertama-tama, silahkan buka aplikasi microsoft excel di komputer atau laptop, setelah itu buat lembar kerja baru, dan buka Tab Button/Klik FILE pada microsoft Excel atau klik file pada MS Office 2010/2013/2016.

Setelah itu pilih menu OPSTIONS, kemudian pilih add-ins.


Kemudian pilih  pada menu tab bawah manage Excel Add-ins pilih GO....


Terakhir pilih Browse (masukan file hasil download tadi ) kemudian pilih OK





Dengan demikian fungsi =terbilang sudah terpasang pada microsoft Excel anda, cukup mudah kan langkang aktivasi Rumus Terbilang Excel diatas? Nah, setelah aktif, mari kita simak langkah menggunakan fungsi terbilang berikut ini.

Cara Membuat Fungsi Terbilang Otomatis

Cara menulis fungsi terbilang di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

Untuk mengganti hurup besar pada setiap kata berikut contohnya
=PROPER(terbilang(D4)&”rupiah”
Untuk mengganti huruf kecil semua cukung mengganti PROPER dengan UPPER

=UPPER(terbilang(D4)&”rupiah”

Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Rumus Terbilang Excel, untuk membuat fungsi terbilang otomatis di excel yang dapat kami tuliskan kali ini, semoga ulasan artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Popular Posts