Cara Mengatasi Boros Baterai Setalah Update ke Android Marshmallow

Cara Mengatasi Boros Baterai di Android Marshmallow

Dari Lollipop, Android Marshmallow memang menawarkan peningkatan fitur yang sangat signifikan. Beberapa di antaranya adalah Google now on tapapp permissions, dan daya baterai yang lebih tahan lama (modus Doze). Sayangnya beberapa pemilik smartphone yang telah melakukan update ke Android Marshmallow dilanda kekecewaan, karena menyebabkan baterai cepat habis. Dilansir dari PhoneArena, berikut Jaka kasih tau nih cara mengatasi baterai yang boros setelah update ke Android Marshmallow.

Apa Itu Modus Doze

mode doze android marshmallow
Seperti yang telah dibahas di atas, salah satu fitur terpenting di Android 6.0 Marshmallow adalah Doze. Fitur ini merupakan salah satu trik yang dimiliki Android Marshmallow untuk memperpanjang daya tahan baterai, yakni dengan cara membuat seluruh aplikasi dalam sistem ke dalam mode sleep jika perangkat memang sedang tidak digunakan alias standby.

Baterai Boros Karena Bug Backup My Data (Wakelock)

cara mengatasi baterai boros android marshmallow
Kedengarannya memang benar-benar keren, sayangnya beberapa pengguna tidak mendapatkan manfaat ketika fitur Doze dinyalakan bahkan baterainya cenderung boros. Beruntung sejumlah pengguna tampaknya telah menemukan penyebab kenapa modus Doze tidak bekerja dengan baik.
Rupanya, biang keladinya adalah bug pada fitur "Backup my data" yang terus menerus bekerja yang disebut wakelock. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu bisa mematikan fitur "Backup my data". Namun sejumlah laporan lain mengatakan bahwa masalah ini lebih kompleks.

Solusinya Matikan Fitur Backup My Data atau Factory Reset

Jika WiFi dalam kondisi aktif dan kamu melakukan pengisian daya, bug wakelock akan kembali aktif. Bugtersebut akan membuat smartphone terjaga untuk jangka waktu yang lama tanpa alasan yang jelas. Beberapa pengguna mengatakan bahwa dengan melakukan reboot dan mematikan WiFi akan menghilang bug sementara waktu. Sementara yang lain mengatakan bahwa kamu harus melakukan factory reset dan mematikan fitur "Backup my data" untuk dapat menggunakan modus Doze.
Untuk mematikan fitur "Backup my data", kamu buka Settings → Backup & reset → Back up my data OFF → Reboot. Jika itu belum menyelesaikan masalah, kamu bisa lakukan factory reset melalui modus recovery. Caranya matikan telepon → tekan tombol Power dan Volume atas atau bawah (bisa berbeda tergantung model smartphone) → setelah masuk modus recoveryWipe Cache dan Cache Dalvik.
Beberapa pengguna mengatakan bahwa aplikasi pihak ke-3 seperti WhatsApp, fitur backup otomatis "chat history backup" juga bisa memicu bug wakelock, meskipun tidak semua mengalaminya. Semoga saja Google bertindak cepat untuk mengatasi bug ini, mengingat modus Doze ini adalah fitur unggulan dari Android Marshmallow. Kamu juga mengalami baterai cepat habis setelah melakukan update ke Android Marshmallow? Bagikan ceritamu dengan kami.

Popular Posts